Selasa, 14 Maret 2017

Merawat Mesin Kendaraan Bermotor Yang Sering Terkena Air Rob

Semarang – Rob di Jalan Kaligawe-Genuk membuat kondisi kendaraan sepeda motor pengguna jalan yang melewati wilayah tersebut menjadi tidak baik. Terutama kendaraan para mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang setiap hari melewati wilayah banjir rob. Dilihat secara geografis, memang Kampus tersebut berada di dataran rendah Kota Semarang.

Adapun ciri-ciri kendaraan sepeda motor yang menjadi dampak banjir rob yaitu sebagai berikut :
1. Rantai berisik Efek yang terasa langsung ketika motor terkena banjir atau air laut adalah rantai motor yang berisik. Hal ini disebabkan karena oli rantai yang mengering. Sebaiknya, siapkan oli rantai semprot di bagasi motor anda agar sewaktu-waktu dapat digunakan untuk melumasi rantai anda.
2. Krom cepat mengelupas Jika motor anda menggunakan aksesoris yang mempunyai permukaan krom, ada baiknya untuk menghindari banjir rob atau air asin. Jika air asin menempel dan mengering pada permukaan krom, efek yg timbul adalah krom akan sedikit mengelupas biasanya pada sisi krom yang paling sulit dijangkau atau bagian pojok-pojok. Cara mengatasinya adalah segera cuci krom dengan air tawar dan lap sampai benar benar kering.
3. Krom mengusam Hal lain yang dapat ditimbulkan oleh air asin dan banjir rob adalah krom yang mengusam. Hal ini biasanya disebabkan oleh air kotor yang dibiarkan kering pada permukaan krom. Cara mengatasinya yaitu dengan segera mencuci permukaan krom dengan air tawar atau bisa juga lumuri permukaan krom dengan bensin, atau oli gosok perlahan lalu cuci dengan sabun.
4. Leher knalpot berkarat. Bagian yang paling mudah terkena dampak banjir atau air asin adalah leher knalpot. Karena leher knalpot berada di bagian bawah dan bersentuhan langsung dengan air banjir. Cara mengatasinya segera mencuci leher knalpot dan lap hinggga kering.
5. Tuas rem dan perseneling underbone kaku. Efek banjir rob dan air asin yang dapat dirasakan pengguna footstep underbone adalah sendi atau laher perseneling dan tuas rem yang kaku.
Hal ini disebabkan laher atau bearing motor berkarat. Cara mengatasinya adalah dengan melumuri bearing dengan oli.
6. Ruji motor kusam. Ruji motor yang terkena banjir atau air asin akan langsung kusam jika dibiarkan mengering. Jika anda menggunakan ruji krom, tentunya ruji akan cepat berkarat. Segera cuci ruji dan sikat agar ruji tidak mengusam.
Semoga informasi cara merawat kendaraan sepeda motor dapat bermanfaat bagi para Otomania Egrang.



Berita oleh : Muhammad Iqbal